Alat Safety untuk Bidang Konstruksi

Alat Safety untuk Bidang Konstruksi

Anda yang bekerja di bidang konstruksi tentu sering mengenakan alat pelindung diri atau biasa disingkat APD. Alat pelindung diri juga kerap disebut alat safety karena memang dibuat khusus untuk setidaknya memberi keselamatan bagi para pemakainya agar terhindar dari berbagai jenis risiko yang bersifat membahayakan. Ada cukup banyak item alat safety untuk bidang konstruksi, dan alat safety ini kini sudah tersedia di banyak toko alat safety. Penasaran item alat safety apa saja yang biasa dikenakan oleh para pekerja di bidang konstruksi? Berikut informasi detailnya. 

alat safety bidang kontruksi
Earth Digger Driver at construction site

Alat Safety untuk Area Kepala

Anda pasti sering melihat para pekerja proyek konstruksi yang sedang sibuk membangun jalan raya, misalnya. Semua pekerja pastinya mengenakan alat pelindung kepala yang berupa helm atau istilah khususnya safety helmet. Para pekerja konstruksi wajib mengenakan safety helmet ini agar terlindung dari risiko terkena benturan benda keras yang sangat berbahaya bagi kepala. Kita semua tahu bahwa para pekerja konstruksi ini lebih berisiko terkena kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi selama sedang menjalankan pekerjaannya. Oiya, safety helmet ini dapat dibeli di berbagai toko alat safety di berbagai kota. Model, bahan, dan warnanya beragam. Semua produk safety helmet yang dijual di toko-toko alat safety ini pastinya sudah sesuai dengan SNI. 

Alat Safety untuk Kaki

Alat safety untuk kaki disebut dengan safety shoes atau safety boot karena ada yang berupa sepatu dan juga boot. Sesuai dengan namanya, sepatu atau boot ini memiliki fungsi sebagai alat pelindung kaki. Nah, untuk para pekerja proyek, biasanya jenis alat safety kaki yang biasa mereka pakai adalah jenis boot yang tak hanya mampu melindungi telapak, punggung, dan mata kaki saja. Melainkan juga dapat melundungi kaki bagian atas seperti betis. 

Nah, alat safety khusus kaki ini gunanya adalah melindungi kaki dari jatuhnya benda-benda material konstruksi yang berat, lontaran bahan-bahan konstruksi berukuran kecil, goresan benda-benda tajam, atau tumpahan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Untuk jenis, bahan, dan model, kalian bisa langsung cek di toko alat safety terdekat.

Alat Safety untuk Tangan

Sama dengan alat pelindung kaki, alat safety untuk tangan ini berfungsi untuk memberikan perlindungan pada tangan. Agar terhindar dari risiko terkena bahaya yang berakibat fatal. Misal, suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, teriris atau tergores benda-benda tajam, terkena paparan sinar matahari yang menyengat, terkena lontaran bahan-bahan material yang berukuran kecil, atau terkontaminasi bahan-bahan kimia berbahaya. Alat safety untuk tangan yang paling umum digunakan adalah model sarung tangan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat sarung tangan juga beragam. namun ada 3 jenis bahan yang paling sering dipilih, yaitu lateks, kanvas, dan kain. 

Baca juga: Ponsel dari Xiaomi, Poco X3 Rilis Hari ini!

Alat safety untuk Kedua Mata

Organ mata juga wajib mendapat perlindungan. Salah satu jenis alat safety untuk mata yang paling umum dan paling mudah dijumpai di toko alat safety adalah kacamata pengaman. Kacamata ini bukanlah kacamata biasa. Tentu bahan dasar dan model kacamata pengaman ini berbeda dengan kacamata biasa. Dan pastinya harus sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan. Kacamata pengaman ini wajib dipakai agar pemakainya setidaknya dapat terlindungi dari risiko masuknya debu halus, asap, partikel-partikel berbahaya, paparan sinar tertentu yang berbahaya bagi organ mata, dan percikan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya. 

Alat Safety untuk Telinga

Para pekerja proyek konstruksi juga membutuhkan alat safety yang satu ini. Selain dapat mencegah partikel-partikel material bangunan masuk melalui kedua lubang telinga, alat safety telinga yang umumnya berupa ear plug atau penyumbat dan ear muff ini juga biasanya sangat efektif untuk meredam suara bising yang diakibatkan oleh alat-alat konstruksi. Lantas, apa perbedaan ear muff dan ear plug? 

Ear muff adalah alat pelindung telinga yang menutup keseluruhan telinga. Sedangkan ear plug hanya berupa penyumbang lubang telinga yang bentuknya sangat mirip dengan earphone. Kedua alat safety ini dapat dengan mudah dijumpai dan dibeli di toko alat safety. 

Alat Safety untuk Area Wajah

Nah, untuk alat pelindung yang satu ini, kita menyebutnya face shield alias tameng muka. Biasanya face shield ini hanya dikenakan oleh pekerja konstruksi khusus bagian pengecoran. Alat pelindung ini mampu melindungi area wajah dan juga mata dari percikan api yang timbul selama proses pengecoran berlangsung. Di tengah masa pandemi seperti ini, face shield juga kerap dibeli di toko alat safety. Untuk melindungi tubuh dari droplet yang mengandung Virus Corona. Hanya saja jenis face shield ini berbeda dengan jenis face shield khusus untuk para pekerja konstruksi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *