Ponsel dari Xiaomi, Poco X3 Rilis Hari ini!

Ponsel dari Xiaomi, Poco X3 Rilis Hari ini!

Berita teknologi telekomunikasi hari ini diawali dengan dirilisnya ponsel terbaru dari Xiaomi, yaitu Poco X3 rilis tepat hari ini. Ponsel pintar teranyar keluaran Xiaomi ini dijuluki sebagai The Mid-Range Killer karena specs-nya yang mumpuni sedang harganya cukup terjangkau. Bagaimana tidak bagus dari segi kualitas specs, Poco X3 NFC ini dibekali dengan chipset Snapdragon 732 G. Untuk kapasitas RAM, terdapat dua pilihan RAM, yaitu RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB, dan RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. 

Kapasitas RAM di atas tentu mempengaruhi harga yang dibandrol oleh Xiaomi. Poco X3 dengan RAM 6GB dihargai 3,2 juta rupiah, sedang Poco X3 dengan RAM 8 GB dibandrol dengan harga 3.5 juta rupiah saja. Tentu saja range harga ini masuk dalam kategori terjangkau mengingat specs yang ditanamkan pada Poco X3 NFC ini begitu berkualitas. 

Dilansir dari berita teknologi komunikasi dari situs Kompas, ponsel pintar ini dapat dibeli via flash sale mulai tanggal 22 Oktober 2020 kemarin.  Para pecinta ponsel Xiaomi juga dapat membeli ponsel ini via gerai resmi Xiaomi di Indonesia seperti Mi Store yang dapat diakses mulai hari ini, 27 Oktober 2020. Jika kalian berminat membeli Poco X3 NFC ini, ada baiknya kalian review lebih detail lagi seputar spesifikasi dan wujud fisiknya. Berikut akan kami share informasinya untuk kalian. 

Informasi Tentang Poco X3

Aksesoris

Dalam kotak kemasan Poco X3, selain berisi satu unit ponsel pintar Poco X3 NFC, pembeli juga akan mendapatkan beberapa aksesoris ponsel seperti charger, soft-case transparan, buku petunjuk, USB tipe C, dan juga kartu garansi. Sayangnya, pembeli tidak mendapatkan earphone seperti series Xiaomi sebelumnya. 

Desain

Bodi ponsel pintar Poco X3 NFC ini dibalut dengan bahan berbahan plastik polikarbonat sehingga akan tampak mengkilap ketika terkena pantulan cahaya. Efek kilapnya mirip dengan kaca. Ketika bodi digenggam, akan terasa sekali bahan plastiknya, terutama di bagian permukaan bodi yang terasa licin. Jadi cukup rawan jatuh atau selip saat digenggam oleh tangan yang berkeringat. Pada bagian punggung ponsel yang berbahan plastik polycarbonate ini biasanya akan mudah kotor terutama bekas genggaman jari si pemilik ponsel. Tak heran jika Xiaomi kemudian menambahkan aksesoris berupa softcase transparan gratis di setiap pembelian. 

Masih fokus pada punggung ponsel, terdapat tulisan POCO yang cukup besar dan terlihat dominan. Apabila pengguna cukup terganggu dengan tulisan POCO ini, bisa diakali dengan cara memasangkan softcase yang nantinya juga akan menutupi bagian punggung ponsel.

Baca juga: 5 Model Sepatu Korea yang Lagi Hits

Soal pilihan warna, POCO X3 NFC tersedia dalam dua opsi warna, yaitu Cobalt Blue alias biru dan Shadow Grey alias abu-abu. Kemudian di bagian samping bodi ponsel, terdapat tombol power dan volume di sisi kanan sekaligus terdapat alat pemindai sidik jari. Alat pemindai sidik jari ini akan terasa lebih kasar ketika diraba.

Sedang di sisi kiri terdapat slot khusus untuk SIM Card dengan jenis hybrid. Jika dilihat dari jenis slot semacam ini, pengguna dapat menggunakan slot ini untuk 2 SIMCard sekaligus atau satu SIM Card dan satu memori eksternal. Kemudian pada bagian bawah bodi ponsel, pengguna dapat menjumpai port khusus speaker, USB tipe C, lubang jack berukuran 3.55 mm, dan microphone. 

Layar

Dan layar pada android POCO X3 NFC ini bisa dibilang lebih lebar bila dibandingkan dengan series sebelumnya. Layar pada ponsel Xiaomi terbaru ini memiliki ukuran 6.67 inch dengan kualitas resolusi FHD Plus. Dengan kualitas spec layar ini, POCO X3 ini termasuk dalam kategori ponsel pintar kelas menengah. Meski begitu, ponsel ini memiliki fitur unggulan baru, yaitu fitur yang dapat mendukung refresh rate yang bisa mencapai 120 Hz. Tak hanya itu, ponsel ini juga didukung dengan fitur tambahan lain, yaitu touch sampling rate yang mencapai 240 Hz. 

Dua fitur ini nantinya akan sangat berguna bagi pengguna yang hobi memainkan game di ponsel ini. Pergerakan pada layar di ponsel ini akan jauh lebih mulus berkat fitur refresh rate 120 Hz ini. Kemudian dengan lebar layar yang mencapai lebih dari 6 inch, POCO X3 jadi lebih nyaman ketika digenggam dengan menggunakan 2 tangan; namun jika digenggam oleh satu tangan, tentu akan kurang nyaman karena terlampau lebar sehingga jari-jari pun sepertinya akan sedikit sulit untuk menjangkau keseluruhan permukaan layar.

Pindah ke bagian atas layar di mana pada bagian ini terdapat punch hole yang berisikan kamera depan berkekuatan 20 MP. Desain ponsel ber-punch hole ini biasanya hanya dapat dijumpai pada ponsel-ponsel pintar kelas premium seperti Samsung Galaxy S20 Series.

Kamera 

Selain kamera depan dengan kekuatan yang sangat besar. POCO X3 NFC ini juga dibekali dengan kamera belakang yang berjumlah 4 unit plus satu flash. Keempat kamera belakang ini didesain menjadi satu dalam sebuah modul di bagian belakang-atas-tengah bodi ponsel. 

Bentuk modul untuk keempat kamera belakang ini terbilang unik karena begitu berbeda dengan modul-modul pada ponsel pintar pada umumnya. Modul memiliki pola lingkaran yang tak lain berfungsi sebagai wadah modul itu sendiri. Nah, soal kamera belakang, masing-masing berkekuatan 64 MP. Kamera ultra-wide angle berkekuatan 13 MP, kamera makro berkekuatan 2MP, dan kamera depth-sensor sebesar 2 MP. 

Pada kamera utama, terdapat tambahan dukungan teknologi Electronic Image Stabilization alias EIS yang mana teknologi ini sangat membantu proses perekaman gambar dengan stabil. Bahkan lebih hebatnya lagi, POCO X3 ini juga mampu merekam gambar beresolusi tinggi, yaitu 4K 30 fps. Adapun beberapa fitur pendukung kamera di ponsel ini. Antara lain Focus Peaking, Smooth Video Zoom, dan dukungan teknologi AI Skyscaping 3.0. 

Performa  

Poco X3 NFC ini dibekali dengan dengan chipset Snapdragon 732G yang tak lain adalah pengembangan dari Snapdragon 730G. Yang menjadikan Snapdragon ini berbeda adalah fitur clock speed Snapdragon 732G ini dapat mencapai angka optimal yaitu 2,3 Ghz. Untuk kapasitas penyimpanan, pengguna dapat menambahnya hingga 256 GB via microSD yang tinggal dimasukan ke slot MicroSD yang sudah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *