Minecraft Video Game Terlaris Sepanjang Masa

Bagi banyak remaja sekarang, game ini pasti diingat sebagai pendamping masa kecil mereka. Bagaimana tidak? Rekomendasi game PC ini hingga sekarang masih melekat pada hati setiap kalangan, dari muda hingga dewasa. Minecraft pun dikenal juga sebagai video game terlaris sepanjang masa. Ini ditandai dengan lebih dari 200 juta orang yang telah membeli Minecraft.

Pengguna aktifnya pun tak kalah dasyhat dengan jumlah 126 juta. Padahal, game ini sendiri merupakan game yang simple. Ini terlihat dari grafik dan sistem yang terdiri atas balok-balok serta sandbox. Dalam sekilas, game ini tidak tampak seperti sesuatu yang menarik. Namun, game ini meroket dan telah bertahan sebagai salah satu game yang paling disayangi dimanapun.

Yuk, kita kenal Minecraft lebih dalam sobat Game World!

Dari Cave Game hingga Minecraft

Kalian tau ga kalau Minecraft dahulu memiliki nama Cave Game? Kalau diartikan, kata-kata tersebut berarti permainan gua atau mematuk. Teringat sesuatu? Yep, mematuk adalah action utama di Minecraft. Tapi mungkin, developer game ini, Majong, melihat bahwa nama tersebut tidak begitu menarik. Nama pun segera diganti menjadi Minecraft, permainan iconic yang kita kenal sekarang.

Mojang sendiri adalah perusahaan pertama yang dikembangkan oleh Markus Persson. Persson, yang juga dikenal sebagai Notch, mengembangkan Minecraft dalam visi untuk membuat game yang memiliki grafik “kotak-kotak” namun juga seperti RPG. Nah, salah satu hal mengejutkan dalam pembuatan Minecraft, adalah bahwa versi pertamanya dibuat dalam enam hari loh guys! Pengerjaan yang dimulai pada Mei 10 2009 dirancang hingga tanggal Mei 16 pada tahun yang sama. Launching pertama game itu dalam ‘alpha version’ dilakukan sehari setelah itu. Namun, setelah di release pun, game itu belum dianggap sebagai full version. Hal itu terjadi hanya 2 tahun setelahnya, lebih tepatnya pada tanggal November 18, 2011.

Minecraft sendiri terinspirasi dari beberapa game yang dilihat oleh Persson. Mereka adalah Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, RollerCoaster Tycoon, dan Infiniminer.  

Grafik Minecraft yang berbentuk blok bisa dipastikan sangat terinspirasi oleh Infiniminer, namun Persson ingin menambah mode RPG dengan grafik tersebut. Dan, terciptalah Minecraft video game terlaris sepanjang masa.

Alur Dunia Minecraft

Salah satu hal yang membuat Minecraft menarik adalah kebebasan yang terdapat di dalam game. Minecraft tidak memiliki sebuah tujuan, tetapi membiarkan pemainnya untuk melakukan eksploarasi game sendiri. Walau begitu, Minecraft memiliki sistem Achievement.

Saat pertama kali memainkan game, permainan menggunakan perspektif orang pertama. Namun, pemain bisa mengganti perspektif ke orang ketiga sesuai keinginan. Dunia yang ada terdiri atas objek 3 dimensional, dalam bentuk kubus atau cairan. Objek-objek ini memiliki grafik yang berbeda-beda.Setiap dari itu melambangkan material seperti tanah, air, batu, dan lain-lain.

Di dalam game, gamers dapat mengelilingi dunia Minecraft sepuasnya di berbagai lokasi. Tetapi, dunia Minecraft sendiri memiliki ujung. Ujung dari dunia terdapat di luas 30,000,000. Dan pada ujung ini terjadi beberapa permasalahan teknis. Dunia Minecraft juga bisa dijelajahi secara vertikal, dari keatas maupun kebawah. Eksplorasi versi ini juga memiliki batas.

Ketika eksplorasi pemain akan bertemu beberapa NPC atau mobs. Mobs ini dapat muncul dalam berbagai bentuk seperti penduduk desa, hewan maupun makhluk berbahaya. Salah satu tipe mobs yang ada adalah passive mobs. Passive mobs adalah domba, sapi, ayam dan babi.

Mobs seperti ini dapat diburu untuk mendapatkan bahan makanan ataupun untuk crafting. Tetapi terdapat juga mob berbahaya, bernama hostile mobs. Contoh hostile mobs adalah Zombie, Skeleton, Spider, Creepers, Wither dan Slime. Mereka biasanya muncul pada malam hari. Beberapa dari mereka juga memiliki kemampuan, seperti Creeper yang dapat meledak.

Masih banyak lagi yang bisa kalian temukan di game tersebut. Sifat kompleks dari Minecraft membuatnya video game terlaris sepanjang masa.

Fitur Game

Minecraft sendiri memiliki 3 jenis dunia : Overworld,Nether dan The End. Overworld adalah tempat dimana pemain menjelajah dan bertahan hidup. Nether adalah tempat seperti neraka dimana hostile mobs yang kita bahas tadi berada. The End sendiri adalah tempat terdapat Enderdragon dan Enderman berada. Ketika mengalahkan Enderdragon, pemain dapat kembali ke alam atau pergi ke Endcity dan Endship dimana mereka bisa mendapatkan Elytra atau tambang.

Selain semua itu Minecraft memiliki lima mode permainan : Survival,Creative,Adventure, Hardcore. Ini juga dilengkapi dengan 4 tingkat kesulitan yaitu Peaceful, Easy, Normal dan Hard. Survival adalah mode dimana para pemain dituntut untuk bertahan hidup dengan mencari sumber daya.

Creative, mode yang diperkenalkan pada Beta 1.8, pemain memiliki sumber daya, nyawa serta experiencepoint tak tehingga sehingga bebas berkreasi di dalam game. Adventure, pemain harus menghancurkan block dengan alat yang benar.

Hardcore, mode dengan survival yang paling sulit dan pemain hanya memiliki satu nyawa. Dan, Spectator, mode dimana pemain terbang dan tidak lngsung berinteraksi.

Inilah mengapa Minecraft video game terlaris sepanjang masa.

Fakta Tambahan tentang Minecraft

Ada beberapa hal yang menarik tentang Minecraft. Salah satunya adalah mob Creepers. Creepers sebenarnya awalnya adalah coding yang harusnya menjadi babi. Namun, terjadi kesalahan pada input tinggi serta panjang pada kodenya. Dan, pada saat itu tercipatalah Creeper, monster yang kita kenal sekarang.

Selain itu, Enderman, yang memiliki bahasa yang kerapnya tidak kita mengerti ternyata berbahasa Inggris, namun dibalikkan atau diturunkan intonasinya, sehingga sukses menjadi sebuah bahasa yang membingungkan.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah fakta bahwa Minecraft menjadi salah satu game yang terdapat dalam kurikulum salah satu SMP di Swedia. Nama SMP itu adalah Viktor Rydberg Secondary School yang berada di Stockholm. Mengapa begitu? Menurut  guru di sekolah tersebut banyak yang bisa dipelajari dari Minecraft. Mulai dari penataan kota dan masa depan hingga isu-isu lingkungan.

Kesuksesan dari Minecraft sendiri terdapat pada para pemain yang secara tidak langsung memasarkan game tersebut. Hal ini terlihat dari maraknya komentator, tutorial dan gameplay yang beredar di platform seperti Youtube.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Annenberg School of Communication oleh Alex Leavitt, hasil mebuktikan bawa sepertiga dari pengguna Minecraft diawal-awal mendengar tentang Minecraft dari teman atau dari Youtube. Dan hal itulah yang kemudian menarik mereka untuk mencoba Minecraft. Tidak lama kemudian Minecraft pun menjadi video game terlaris sepanjang masa.

Sejarah Minecraft

Game yang meroket kepopulerannya ini, kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014. Yang paling menarik tentang hal ini adalah bagaimana Persson menjual Minecraft. Ketika Ia tidak lagi merasa nyaman dengan kehidupan perusahaan, ia pun mentweet akan menjual bagian dari Minecraft, dan itulah yang kemudian menarik Microsoft.

Ternyata game simple ini memiliki sangat banyak seluk-beluk di dalamnya. Mulai dari sejarah pembetukannya, fakta mengejutkan serta permainannya sendiri. Walau begitu, Minecraft adalah game yang mencetak sejarah dengan penjualan terbanyak sepanjang masa.

Walau tampaknya simple, game ini memiliki banyak potensi dan kemungkinan di dalam permainannya. Hal inilah yang kemudian menarik kita semua untuk mencoba Minecraft dan mengapa Minecraft video game terlaris sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *