Categories: business

4 Contoh Bisnis Pendidikan, Jasa Ojek Sekolah Jadi Terfavorit

Merintis sebuah bisnis di bidang pendidikan memang bisa menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang memang memiliki bekal pendidikan yang cukup dan mumpuni. Ada cukup banyak ide bisnis terkait dengan bidang pendidikan yang bisa Anda coba. Namun tidak semua ide bisnis dapat dimulai hanya dengan modal kecil. Anda harus selektif ide bisnis mana yang kiranya hanya memerlukan modal yang kecil namun memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang. Nah, pada kesempatan ini, kami siap membantu Anda dalam memberikan referensi atau opsi contoh bisnis pendidikan yang bisa dimulai hanya dengan modal yang relatif kecil. Apa saja kira-kira ide bisnisnya? Simak informasinya berikut ini.

4 Contoh Bisnis Pendidikan

Toko Alat Tulis dan Buku

Contoh bisnis pendidikan yang pertama adalah bisnis toko alat tulis dan buku. Ide bisnis yang satu ini dijamin akan sukses karena memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang stabil dari tahun ke tahun. Alasannya adalah kebutuhan akan alat tulis dan buku untuk sekolah akan selalu ada kapan saja.

Toko perlengkapan sekolah ini pastinya sangat dibutuhkan oleh banyak siswa dari berbagai kalangan jenjang pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan TK hingga SMA. Bahkan ada beberapa varian produk tertentu yang masih dibutuhkan oleh selain siswa. Misal, berbagai jenis alat tulis dan jenis buku pembuat catatan yang tak hanya laris manis oleh siswa sekolah saja, melainkan juga dari kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Anda bisa memulai ide bisnis ini dengan modal yang cukup besar. Oleh karenanya, ada baiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga Anda. Jangan lupa untuk lakukan riset terlebih dahulu, terutama mengenai lokasi dan pangsa pasar yang akan Anda bidik.

Tips lainnya adalah memilih distributor yang terpercaya dan kompeten. Dengan dukungan distributor yang terbaik, tentu hal ini akan dapat turut mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda untuk jangka waktu yang panjang.

Bisnis Antar-Jemput Siswa Sekolah

Ada juga ide bisnis pendidikan menarik lainnya yang wajib Anda coba. Ide bisnis antar-jemput siswa sekolah sungguh ideal bagi Anda yang memang ingin memulai bisnis namun dengan modal yang kecil. Ide bisnis ini bisa dibilang bermodal kecil karena hanya menggunakan kendaraan bermotor sebagai modal utamanya.

Rupanya ide bisnis ojek ini juga memiliki prospek yang sangat baik mengingat banyaknya orang tua yang terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengantar-jemput putera-puterinya. Selain itu, bisnis ojek sekolah juga dinilai praktis karena hanya tinggal memesan, ojek akan segera datang dan langsung mengantarkan si pemesan ke tujuan.

Nah, agar mendapatkan penghasilan yang tetap per bulannya, Anda boleh menerapkan sistem paket yang terdiri dari beberapa pilihan. Misalnya paket harian, paket mingguan, dan paket bulanan. Dalam rincian paket ini, Anda dapat menentukan tarif untuk per jenis paket. Jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan sepeda motor, Anda dapat bekerja sama dengan kawan, saudara, atau tetangga Anda untuk direkrut sebagai driver ojek sekolah Anda. Menarik, bukan?

Baca juga: Peran Media Sosial dalam Pemasaran Digital & Cara Optimasinya

Jasa Peningkatan Skill untuk Keperluan Sertifikasi

Ide bisnis ini juga sangat recommended untuk dicoba. Apalagi belum banyak pesaingnya. Semakin tingginya kualitas kompetensi pengajar di Indonesia seolah ‘memaksa’ banyak tenaga pengajar, terutama tenaga pengajar SD, SMP, dan SMA, yang dituntut untuk mengikuti masa training agar lolos menjadi pengajar bersertifikasi. Dan Anda dapat memanfaatkan momen ini sebagai titik awal bisnis penyedia jasa peningkatan skill untuk keperluan sertifikasi.

Penyedia Jasa Web Design & Development untuk Berbagai Institusi Pendidikan

Nah, untuk ide bisnis yang satu ini, hanya bisa dijalankan oleh Anda yang menguasai keterampilan bahasa pemrograman dan coding. Jasa yang Anda tawarkan nantinya berupa pembuatan desain website dan pengembangannya dengan institusi pendidikan sebagai targetnya. Anda juga dapat berkecimpung pada bidang software maintenance. Di era digital sekarang ini, hampir semua institusi besar, termasuk institusi pendidikan, sudah pasti membutuhkan platform khusus untuk keperluan akademik yang bisa diakses secara online. Nah, dari sinilah Anda beraksi dan tunjukan bakat Anda.

Demikian artikel menarik seputar 4 contoh bisnis pendidikan. Semoga konten ini menginspirasi Anda. Temukan konten menarik lainnya seputar dunia pendidikan di situs kebanggaan kami, academia.co.id.

Game World

Share
Published by
Game World

Recent Posts

Inilah 5 Wasit Terbaik di Dunia Sepak Bola 

Wasit Terbaik di Dunia Sepak Bola - Apa jadinya pertandingan sepak bola tanpa kehadiran wasit…

2 minggu ago

8 Inspirasi Ucapan Di Bunga untuk Pacar, Romantis Banget!

Mau romantis-romantisan, kenapa tidak coba kasih ucapan di bunga untuk pacar kamu? Pasalnya, menjalin hubungan…

3 bulan ago

3 Cara Download Lagu Mp3 di YouTube Tanpa Aplikasi

Cara Download Lagu MP3 di YouTube banyak dicari oleh para pecinta musik yang sering mendengarkan…

3 bulan ago

Makna Lagu Viral Hati-hati Di Jalan Tulus 

Tulus telah merilis album barunya "Manusia". Album, yang berisi hits seperti 'Diri', 'Hati-hati di Jalan',…

3 bulan ago

Ketahui 5 Manfaat Memainkan Alat Musik

Memainkan Alat Musik - Bermain alat musik memang menyenangkan. Bahkan mungkin beberapa teman saya sedang…

3 bulan ago

Tips Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Trading Crypto - Jenis perdagangan saat ini sangat beragam dan salah satu yang paling menguntungkan…

4 bulan ago