Peran Media Sosial dalam Pemasaran Digital & Cara Optimasinya
Bukan rahasia lagi bahwa media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar di era serba digital ini. Bahkan, menurut sebagian besar pengamat bisnis, media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam digital marketing strategy. Melalui media sosial, brand awareness dapat meningkat secara signifikan. Media sosial sendiri sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Hampir semua orang memiliki akun media sosial yang jumlahnya akan terus bertambah setiap harinya. Demikian juga dengan media sosial itu sendiri yang seringnya muncul jenis-jenis media sosial baru.
Saat ini saja, sudah ada cukup banyak media sosial yang beredar di dunia maya. Sebut saja Instagram, Facebook, YouTube, Google+, LinkedIn, Pinterest, Twitter, Telegram, dan masih ada beberapa jenis media sosial lainnya. Sekian banyak jenis media sosial ini faktanya telah mengubah cara pandang kita tentang cara komunikasi dan interaksi baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Pengguna media sosial dapat dengan mudah berbagi berbagai jenis konten seperti foto, video, konten tulisan, blog, forum, dll dengan sesama pengguna media sosial lainnya yang ada di penjuru dunia.
Peran Media Sosial dalam Pemasaran Digital & Cara Optimasinya
Peran Media Sosial dalam Pemasaran
Lantas, apa peran media sosial dalam pemasaran digital bila kita kaitkan dengan penggunaan media sosial di bidang bisnis? Sangat jelas bahwa media sosial adalah media atau alat untuk mempromosikan suatu bisnis secara online. Dengan memanfaatkan media sosial ini, proses promosi atau marketing dapat menjangkau konsumen jauh lebih luas dan bahkan berskala global. Tidak ada batasan ruang dalam hal ini.
Sebagai contoh: Anda berinisiatif untuk merintis sebuah bisnis kecil-kecilan dengan standing pouch print sebagai produk yang akan Anda gaung-gaungkan. Anda kemudian memanfaatkan dua akun media sosial Anda, yaitu Instagram dan Facebook sebagai ‘lapak’ bisnis Anda. Bekat dua akun media sosial ini, peluang produk Anda dilihat oleh sesama pengguna akun Instagram dan Facebook sangatlah besar. Terlebih jika Anda memiliki jumlah followers banyak. Daya keterjangkauan followers pada akun Instagram bisnis Anda juga akan tinggi. Artinya, traffic akun Instagram yang mengakses konten-konten Instagram Anda juga berpeluang tinggi.
Buy Followers dalam Dunia Bisnis Online
Pernah mendengar istilah buy followers atau kita sering menyebutnya beli followers? Buy followers adalah suatu ide bisnis baru yang kini sedang booming. Sesuai dengan namanya, ide bisnis yang satu ini didesain untuk membantu para pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media promoting & marketing utama. Pengguna jasa beli followers ini biasanya adalah para pemilik ide bisnis online seperti toko online, reseller online, bahkan influencer pemula. Ide bisnis ini eksis sebagai bukti bahwa keberadaan followers ini memainkan peranan penting.
Keuntungan Penggunaan Medsos dalam Pemasaran
Branding suatu bisnis melalui akun-akun media sosial pastinya memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah hemat biaya, terutama biaya marketing. Keuntungan berikutnya adalah efektivitas. Dengan modal biaya yang tak seberapa dan tenaga minim, kegiatan promosi suatu produk atau jasa bisa dilakukan via media sosial. Dan hasilnya? Tak perlu ditanya.
Media sosial tentunya juga memudahkan kita para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk sekaligus branding kepada calon customers. Di sini para customers dapat melihat secara langsung produk atau brand yang kita usung via konten-konten media sosial. Alhasil, para calon customers dapat menilai langsung kelebihan dan kekurangan brand atau produk kita. Dan keuntungan yang terakhir adalah media sosial mampu menjangkau semua kalangan dan profil customers dari berbagai segmentasi.
Baca juga: Ponsel dari Xiaomi, Poco X3 Rilis Hari ini!
Optimasi Peran Media Sosial dalam Pemasaran Digital
Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan peran media sosial dalam pemasaran digital? Berikut beberapa triknya.
Terkait dengan Peran Medsos sebagai Tool untuk Mendapatkan Potential Buyers
Mungkin bagi pengguna media sosial biasa, mereka menggunakan media sosial dalam kesehariannya hanya sebagai media untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman. Media sosial juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk mendapatkan teman baru, menemukan teman lama yang sudah lama lost contact. Namun semakin kesini, media sosial telah mengalami transformasi menjadi media pendukung bisnis.
Mungkin sebagian besar pelaku bisnis merasakan bahwa persaingan bisnis di era digital ini semakin ketat. Tanpa dukungan strategi marketing yang tepat dan profesional, suatu bisnis berpeluang untuk jatuh dan bangkrut. Harapan kemudian muncul pasca adanya ide penggunaan media sosial sebagai bagian dari digital marketing strategy. Fakta menunjukan bahwa berkat adanya media sosial, banyak pelaku bisnis, terutama para pemula, mengaku sangat terbantu untuk mendapatkan potential buyers.
Nah, ada trik menarik yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan jumlah potential buyers untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Trik yang dimaksud adalah dengan menentukan target potential buyers lebih spesifik lagi. Misal, berdasarkan area, gender, usia, profesi, dan lain sebagainya. Dengan trik ini, Anda akan lebih mudah untuk membidik target pasar dengan tepat.
Penjualan yang Fleksibel
Berbeda dengan gaya dan teknik pemasaran konvensional, teknik dan gaya pemasaran online via media sosial jauh lebih fleksibel, tidak frontal, dan pastinya memiliki etika komunikasi yang khas. Satu pola komunikasi yang biasanya diaplikasikan oleh para pelaku bisnis online adalah pemasaran yang komunikatif dan informatif sehingga mudah sekali menarik para calon customers. Dengan trik pemasaran semacam ini, target pasar pun akan terpenuhi dengan mudah dan cepat.
Respon Cepat
Ketika Anda mulai membagikan informasi seputar produk, brand, atau bisnis Anda, tentu akan ada banyak pengguna media sosial (followers atau bukan followers) akan menanyakan informasi seputar produk. Segera berikan respon cepat agar tercipta kesan bahwa Anda adalah owner bisnis yang cekatan dan profesional.
Respon cepat ini juga adalah bagian dari layanan terbaik yang bisa Anda berikan kepada para customers Anda. Dengan demikian, para customers Anda akan semakin tertarik dengan produk atau brand Anda. customers semacam ini adalah calon-calon loyal customers.
Solutif
Menjadi pebisnis yang solutif juga menjadi kunci kesuksesan. Ketika Anda menjumpai momen di mana Anda tidak menemukan produk yang dibutuhkan oleh customer Anda, jangan kecewakan. Bertindaklah sebagai ‘konsultan’ yang siap memberi solusi atas permasalahan ini. Misal dengan merekomendasikan produk yang sama dari outlet lain yang Anda benar-benar tahu kualitas produk yang dijual di outlet tersebut. Meskipun tidak mendatangkan keuntungan material bagi Anda, Anda tetap mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu image yang positif yang dilihat dari sudut pandang customer Anda. Bisa saja di lain kesempatan customer yang sama akan kembali datang kepada Anda untuk membeli produk yang Anda jual.
Berbagai Informasi Detail Soal Produk
Sangat wajar ketika ada customer yang menanyakan detail informasi seputar produk yang akan dibelinya. Sebagai owner yang baik, Anda harus siap sedia dengan kondisi ini. Beri penjelasan sedetail mungkin hingga customer benar-benar mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Tentu ini akan menjadi poin plus untuk Anda sendiri dan untuk bisnis Anda.